MAKANAN KHAS WERU

Makanan Pasar Khas Weru (Tempe Alakatak)

Makanan Pasar Khas Weru

Sumber : https://resoijayan.wordpress.com/2013/08/01/makanan-pasar-khas-weru-tempe-alakatak/

Apakah anda pernah mencicipi makanan bernama tempe alakatak? Dan apakah anda tahu makanan bernama tempe alakatak? Saya rasa hanya sebagian kecil saja yang pernah merasakan dan mengetahuinya. Tempe alakatak adalah makanan yang sangat langka, kalo ibarat flora fauna bisa dibilang makanan ini endemik, karena hanya bisa ditemukan di daerah Weru, Sukoharjo dan Candi, Gunung Kidul. Selain di daerah itu saya jamin pasti tidak akan menemukan makanan tersebut.

img_5671

Tempe alakatak terdiri dari beberapa campuran tempe dan alakatak yang dibungkus dengan daun jati. Tempenya sendiri bukan tempe biasa, tempenya berasal dari sejenis kacang-kacangan yang disebut bengok, direbus dan digiling, lalu dibumbui dengan kunyit & kelapa, sehingga terciptalah tempe yang rasanya mak nyus dan jadilah apa yang disebut  tempe alakatak. Ini adalah oleh-oleh simbok setiap pergi ke pasar yang paling aku suka, mie bertekstur lembut berwarna putih dan kuning berbentuk kotak memanjang dengan rasa yang gurih luar biasa mak nyus. Mie ini terbuat dari tepung tapioka.

img_5666

Buat anda yang penasaran, silakan cari di pasar-pasar tradisional berikut ini; Pasar Tawang Kuno (Depan Kantor Kec.Weru), Pasar Tawang Sari, Pasar Pon di Weru Kersan, Pasar Cakruk di Karangtengah dan Pasar Watukelir. Lalu juga tersedia di Pasar Candi, Semin, Gunung Kidul. It’s worth to taste this delicious mak nyus and tentu edos gandos food. Selamat mencoba!!!!!!

weru (1)

Share